Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subsidi Kuota Internet Untuk Pelajar

Kartupaket.com - Kamu belum dapat bantuan kuota internet gratis Kemendikbud? jangan khawatir! Ini yang harus kamu lakukan, simak selengkapnya di artikel ini.

Bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud tahap 1 sudah disalurkan pada tanggal 22 - 24 September 2020 lalu.

Penyaluran bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud diharapkan bisa membantu pelajar dan tenaga pendidik dalam menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) arau belajar online.

Akan tetapi, dalam pencairan tahap 1, ada beberapa calon penerima yang belum dapat bantuan tersebut alias belum cair.

Salah satu penyebab tidak mendapat bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud adalah belum terpenuhinya syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Berikut syarat-syarat yang ditetapkan oleh Kemendikbud, baik untuk calon penerima dan lembaga pendidikan terkait.

Syarat Untuk PAUD hingga SMA
1. Sekolah harus Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
2. Sekolah haru terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
3. Operator satuan pendidikan sudah terdaftar di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (https://sdm.data.kemdikbud.go.id)
4. Pemimpin satuan pendidikan harus menerbitkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang berutujuan untuk menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas kebenaran data nomor ponsel calon penerima bantuan kuota internet yang diinput.
5. Pemimpin satuan pendidikan mengunggah SPTJM pada laman verifikasi validasi (https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id)

Syarat Untuk Perguruan Tinggi/Universitas
1. Perguruan tinggi/Universitas wajib terdaftar di aplikasi PDDikti (https://pddikti.kemdikbud.go.id)
2. Pemimpin satuan pendidikan harus menerbitkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang berutujuan untuk menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas kebenaran data nomor ponsel calon penerima bantuan kuota internet yang diinput.
3. pemimpin satuan pendidikan mengunggah SPTJM pada laman kuota dikti (https://kuotadikti.kemdikbud.go.id)

Syarat untuk Siswa hingga Mahasiswa
1. Terdaftar di lembaga pendidikan (Sedang Menjadi pelajar/Mahasiswa)
2. Mempunyai nomor HP yang aktif

Syarat untuk Pendidik/Dosen
1. Terdaftar di lembaga pendidikan (Sedang Menjadi pendidik/dosen)
2. Mempunyai nomor HP yang aktif

Sebagaimana dikabarkan Semarangku sebelumnya, Nadiem Makariem menjelaskan hal yang harus dilakukan peserta didik atau pendidik jika belum mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud.

Menurut Mendikbud, jika pendidik dan peserta didik belum menerima bantuan kuota internet gratis, harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan atau sekolah yang bersangkutan.

Pelaporan juga harus disertai dengan menyampaikan nomor HP aktif yang akan didaftarkan dan segera mengecek ke operator sekolah atau perguruan tinggi untuk memastikan nomor telah terdaftar dan aktif.

Alang Irawan
Alang Irawan Perkenalkan nama saya Surya Irawan yang biasa di panggil alang atau juga bisa di panggil irawan, situs web ini saya buat untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih